Selasa, 04 Maret 2008

YUK, SHALAT SUBUH BERJAMA’AH

Kaum Muslimin yang dirahmati Allah. Jika anda kebetulan membuka internet dan nyasar masuk ke blog ini kemudian membacanya. Tidak ada kata lain ucapan Alhamdulillah. Ini adalah suatu kurnia Allah kita bertemu dalam bentuk yang lain, tidak dalam bentuk fisik tetapi pertemuan dalam dunia maya. Jika anda tadi pagi tidak shalat subuh atau shalat Subuh di rumah atau shalat Subuh tetapi sudah siang. Maka tulisan ini memang untuk anda. Tetapi seandainya jika anda shalat Subuh di Masjid dapat pula shalat sunat fajar tidak apa anda teruskan membaca tulisan ini, karena paling tidak akan lebih meyakinkan anda bahwa anda benar-benar orang beruntung. Sebelum anda melanjutkan membaca tulisan singkat ini pada tempatnya kita ucapkan “Segala puji bagi Allah yang Maha Mengetahui dan Maha Melihat seluruh isi alam ini, dan Dia-lah Yang Maha Bijaksana lagi Maha Mengetahui. Semoga Shalawat dan salam dicurahkan kepada nabi Muhammad Saw, juga kepada seluruh keluarga, para sahabatnya dan pengikutnya.
Allah Swt berfirman tentang shalat Subuh : “Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) subuh. Sesungguhnya shalat Subuh itu disaksikan (oleh malaikat). (Qs Al Israa’ : 78). Karena begitu pentingnya shalat Subuh Rasulullah Saw apabila meragukan keimanan seseorang beliau akan menelitinya pada saat shalat Subuh. Apabila beliau tidak mendapati orang tadi shalat Subuh, maka benarlah apa yang beliau ragukan dalam hati. Diceritakan Umar bin Ka’ab ra berkata, Rasulullah Saw pernah shalat Subuh, kemudian berkata, “Apakah kalian menyaksikan si Fulan shalat? Mereka menjawab, Tidak. Beliau berkata lagi si Fulan? Mereka menjawab, Tidak. Maka beliau berkata : “ Sesungguhnya dua shalat ini (Subuh dan Isya) adalah shalat yang berat bagi orang munafik. Sesungguhnya, apabila mereka mengetahui apa yang ada dalam shalat Subuh dan Isya, maka mereka akan mendatanginya, sekalipun dengan merangkak (HR Ahmad & An Nasai).
Tentunya, jika ada orang yang menyebut anda termasuk golongan munafik sudah pasti anda tidak akan terima dan mungkin anda akan marah. Seandainya saya tahu anda shalat di rumah atau tidak shalat tadi pagi saya pun tidak berani untuk mengatakan anda munafik. Karena munafik atau tidak, adalah urusan tiap individu dengan Tuhannya. Tidak ada manusia manapun di dunia ini memiliki wewenang untuk menghukumi orang dengan sebutan ini munafik. Allah Maha Tahu akan kondisi setiap muslim. Saya sama sekali tidak bermaksud menambah beban hidup anda, atau membebani anda dengan sesuatu yang tidak mampu dikerjakan. Demi Allah, saya hanya berbicara tentang hakikat syari’at. Tetapi ada baiknya juga pada kesempatan ini saya mengajak anda untuk shalat Subuh berjama’ah ke masjid. Jika anda di depan saya maka saya katakan “ Yuk, kita shalat Subuh berjamaa’ah ke Masjid.” Mengapa ajakan ini begitu penting di dalam kehidupan kita sebagai umat Islam. Inilah jawabannya.
Shalat Subuh merupakan salah satu ujian yang berat kaum muslimin. Saya yakin anda telah sering melakukan shalat Subuh berjama’ah di masjid, apalagi pada bulan Ramadhan anda terus menerus melakukan shalat Subuh berjama’ah di masjid. Kini jika anda lalai melaksanakannya itu berarti anda sedang diuji oleh Allah. Nilai tertinggi dalam ujian ini, bagi seorang laki laki adalah shalat Subuh secara berjamaah di masjid. Sedangkan bagi perempuan, shalat Subuh tepat waktunya dirumah. Manusia dianggap gagal dalam ujian penting ini, manakala shalat tidak tepat waktu. Tentang ujian kepada hambanya Allah Swt berfirman : “Dialah yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun. (Qs Al Mulk : 2).
Ujian merupakan bagiab penting dalam , seorang mukmin harus lulus dalam semua ujian itu untuk membuktikan kebenaran imannya, dan untuk menyelaraskan antara hati, lisan dan amalannya.
Keutamaan shalat Subuh
Dalam kolom yang sedikit ini disampaikan beberapa keutamaan shalat Subuh berjamaah antara lain :
· Malaksanakan shalat Subuh akan mendapat pahala tanpa batas. Dalam suatu hadits yang diriwayatkan Muslim dari Ustman bin Affan ra berkata, Rasulullah Saw bersabda : “Barangsiapa yang shalat Isya berjamaah maka seakan-akan dia telah shalat setengah malam. Dan barangsiapa shalat Subuh berjamaah (atau dengan shalat Isya, seperti yang tertera dalam hadits Abu Dawud dan Tirmizi) maka seakan-akan dia telah melaksanakan shalat malam satu malam penuh. Dengan karunia Nya, Allah Swt memberi pahala yang besar jika kita melaksanakan shalat Subuh dan Isya’ berjamaah. Dan kita mengetahui bahwa pahala shalat malam sangat besar dan agung. Tapi pahala shalat Subuh berjamaah jauh lebih mulia, sehingga. Sahabat Umar ra berkata “ Sungguh, ikut serta dalam shalat Subuh berjamaah itu lebih baik bagi saya dari pada shalat malam.”
· Disetiap malam terdapat saat-saat terkabulnya doa. Kesempatan ini hanya didapati orang-orang yang bangun sebelum Subuh, Perhatikan hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah ra Rasulullah Saw bersabda : Allah akan turun ke langit bumi setiap malam, ketika malam tinggal sepertiga terakhir. Dia berkata, ‘mana hambaKu yang berdoa, untuk Aku kabulkan (doanya)? Mana hamba-Ku yang meminta kepada-KU untuk Aku penuhi (permintaannya)? Mana hamba-KU yang beristighfar, untuk Aku ampuni (dosanya) (HR Bukhari & Muslim)
· Orang yang melakukan shalat Subuh akan berada di dalam lindungan Allah. Diriwayatkan dari Jundab bin Syufyan ra bahwa Rasulullah Saw bersabda, “Barangsiapa yang menunaikan shalat Subuh maka ia berada dalam jaminan Allah. maka jangan coba-coba membuat Allah membuktikan janjiNya. Barangsiapa membunuh orang yang menunaikan shalat Subuh, Allah akan menuntut-nya, sehingga ia akan membenamkan mukanya kedalam neraka (HR Muslim, lafal riwayat Ibnu Majah)
Kaum muslimin yang dirahmati Allah. Kini bagaimana rasa anda, jika anda memperbandingkan jumlah jama’ah shalat Subuh dan shalat Jum’at. Tentu menyedihkan, untuk anda ketahui bahwa di masjid ini tadi pagi jumlah jama’ahnya sedikit sekali mungkin sepuluh atau belasan. Tadi pagi anda berada dimana? Jika anda merasa prhatin dengan jumlah jama’ah Subuh maka sekali lagi saya katakan ““ Yuk, kita shalat Subuh berjamaa’ah ke Masjid.”
Kini kita tidak perlu lagi berkomentar tentang keutamaan shalat Subuh berjama’ah. Banyak sekali tuntunan yang menguraikan tentang keutamaan shalat Subuh, bahkan penceramah dimana-mana tidak bosan-bosannya terus memberi kabar tentang ini. Tetapi kini yang penting bagaimana melangkahkan kaki ke masjid pada waktu Subuh.
Wallahu ‘alam bi shawwab
JIKA ANDA MEMBUTUHKAN BAHAN KULTUM, KUNJUNG KAMI DI http://marwan-kultum.blogspot.com

Tidak ada komentar: